Kutbah jumat : Mukjizat Al Quran ; 13 sep 13

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ المُشْرِكُوْنَ  أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ   اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ  …أَمَّا بَعْدُ…..فَيَا عِبَادَ اللهِ ! اتَّقُوْا اللهَ  حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاتمَوُْتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ …

Sidang jumah yang di rahmati Alloh

Dalam kesempatan yang indah ini khotib berwasiat pada kita semua untuk meningkatkan ketaqwaan pada Alloh SWT dalam arti berusaha dengan maksimal untuk menjalankan perintahnya dan berupaya maksimal untuk menjauhi larangan-larangan.

Jamaah jumah yang dirahmati Alloh

Al quran adalah pedoman hidup umat islam didalamnya penuh ajaran kebaikan, dan didalam penuh petunjuk jalan kepada kebenaran. Al quran laksana teks terbuka yang bisa di baca dan dipahami dari berbagai sisi dan dimensi. Ia ibarat laut yang ketika kita meminum seteguk air darinya semakin diri ini haus akan isinya. Ia ibarat gunung yang ketika kita daki maknanya semakin kita rindu akan ketinggian dan puncak maksud dan tujuannya.Lalu bagaimana cara kita agar bisa memperoleh manfaat yang lebih dalam tentang al Quran.

Pertama : Kita harus membacanya. Membaca al quran baik fasih maupun sesuai kemampuan akan mendatang pahala yang luar biasa.

Dari Aisyah ra ia berkata. Rosul bersabda : orang yang mahir membaca al quran, ia akan berkumpul bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat. Adapun orang yang kesulitan dan berat membaca alquran , maka ia akan mendapat 2 pahal ( Hr Bukhori-muslim)

Kedua : Kita mentadaburi nya.  Dengan Metadaburi al quran kita akan menemukan mukjizat yang luar biasa dari al quran. Baik susunan bahasa, isyarat ilmiah , berita gaib  maupun makna yang terkandung didalamnya.

Dari aspek susunan bahasanya kita akan menjumpai susunan bahasa yang sangat indah , sejuk dan bersih . hal ini tidak Cuma diakui oleh orang islam tetapi orang non muslim pun mengakui hal tersebut. Prof Goerge sale (orang yang pertama menterjemahkan al quran kedalam  bahasa inggris) mengatakan : Bahasa Al quran adalah sebaik-baiknya bahasa Arab “.

Kalau kita lihat tidak hanya pada susunan kata yang begitu indah bahkan setiap huruf pun Alloh susun sedemikian indah. Misalnya surat Qof , dimana surat Qof merupakan surat yang ke 50 dengan jumlah ayat 45. Kalau kita jumlah 50+45 = 95. Ternyata 95 itu sejumlah huruf qof dalam surat al qof. Begitu juga dengan surat as Syuro, surat As Syuro merupakan surat ke 42 dengan jumlah ayat 53. Kalau di jumlah 42+53: 95, dan ternyata jumlah huruf qof pun dalam surat as suro juga 95.

Dalam surat al insyiroh ayat 1 dan 2, Alloh tidak hanya menampil al quran dalam pola syair akan tetapi jumlah huruf kedua ayat tersebut juga sama-sam 13  huruf.   Begitupun ayatul muqotaah- fawatikus suwar  yasin, nun dan seterusnya juga berjumlah 29 sejumlah huruf hijaiyah. Sungguh susunan kata yang begitu dasyat.

Dari aspek makna kita tidak saja menjumpai makna yang dalam tetapi maknanya juga bisa kita pahami dalam konteks kekinian. Contoh yang simple adalah surat at tiin. Dimana Alloh bersumpah dengan 4 tempat dalam surat tersebut, yaitu demi buah tiin, buah zaitun , gunung Sinai dan kota mekkah. Sebagaian ulama memahami makna yang terkandung lebih dalam dari itu. Yaitu attin di pahami sebagai Negara suriah dimana di Negara tersebut memang banyak tumbuah buah tiin. Az zaitun dipahami sebagai Negara palestina ( karena buah zaitun banyak tumbuh disana) , wa turisinina di pahami sebagai negri mesir karena memang gunung Sinai berada di semenanjung selatan mesir. Lalu apa kaitan ketiganya.

Dalam konteks kekinian  ternyata ketiganya bisa kita pahami memiliki tautan yang sangat erat. Seolah sudah menjadi takdi sejarah yang skenarionya di tulis langit baik suriah, palestina dan mesir memiliki visi dan semangat perjuang yang sama dalam menegakkan agama Alloh. Suriah adalah  Negara yang terang-terangan membela palestina dengan mengijinkan hamas ( salah satu organisasi pembebasan palestina) membuka kantor di Negara tersebut . Sementara di palestina ada wilayah rafah yang berbatasan dengan mesir dimana lewat  jalur rafah inilah sejata dan makanan bangsa palestina di kirim untuk perjuangan rakyat palestina.

Sementara ayat ke 4 dalam surat at tiin berbicara tentang negeri mekkah yang aman. Ayat ini seolah –olah menjadi jaminan kepastian bahwa mekkah akan selalu aman ketimbang Negara-negara timur tengah lainnya. Sementara ketiga Negara sebelumnya yakni suriah palestina dan mesir tidak dijamin aman oleh Alloh dan ini terbukti dengan pergolakan yang terus terjadi di negara2 tersebut.

Dari aspek ilmu pengetahun betapa dalam al quran menggambarkan informasi-informasi yang sebelunya belum dikuasai para ilmuan. Contoh fakta tentang gunung.

Gunung tidak hanya memperindah pemandangan. Dikaji dari ilmu geologi, gunung berfungsi sebagai penyeimbang bumi dari goncangan. Alquran menjelaskan fungsi gunung dalam beberapa ayat di antaranya dalam surat Al Anbiyaa ayat 21 dan surat An Naba’ ayat 6-7. Gunung diibaratkan sebuah paku yang menjadikan lembaran kayu tetap saling menyatu. Fakta lain adalah tentang dasar laut yang gelap. Manusia tidak mampu menyelam di laut dengan kedalaman di bawah 40 meter tanpa peralatan khusus. Dalam sebuah buku berjudul Oceans juga dijelaskan, pada kedalaman 200 meter dilaut hampir tidak dijumpai cahaya, sedangkan pada kedalaman  1000 meter  tidak terdapat cahaya sama sekali.

Kondisi dasar laut yang gelap baru bisa diketahui setelah penemuan teknologi canggih. Namun Alquran telah menjelaskan keadaan dasar lautan semenjak ribuan tahun lalu sebelum teknologi itu ditemukan. Alquran surat An Nur ayat 40 menjelaskan mengenai fakta ilmiah ini. “Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.” (QS An Nuur: 40).

Fakta selanjutnya adalah penciptaan berpasang-pasangan Dalam Surat Yaasin ayat 36 ALloh menjelaskan, bahwa  Allah menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasang. Begitu juga surat Adz-Zaariyat: 49).

Menurut ayat ini, Allah menciptakan yang berpasangan tidak hanya manusia, melainkan segala sesuatu yang tumbuh dari bumi dan berbagai partikel yang tidak terlihat mata. Seorang ilmuwan asal Inggris, Paul Dirac, berhasil melakukan penelitian yang membuktikan bahwa materi diciptakan secara berpasangan. Penemuannya dinamakan ‘Parite. Dengan penemuan tersebut Dia memperoleh Nobel di bidang fisika pada tahun 1933. Dan banyak lagi fakta lain yang tidak mungkin kita paparkan dalam kutbah singkat ini.

Demikian sedikit ulasan khotib tentang kemukjizatan Al Quran, semogga Alloh membimbing kita dan keluarga kita menjadi ahli quran dan mampu metadaburinya.  amiin. Ya ro bal alamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s