kutbah jumat : Refleksi bulan dulhijjah

Hadirin sidang jumah yang dimulyakan Alloh
Marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT karena hanya dengan taqwalah amal kita akan di terima oleh Alloh.
Hari-hari ini sampai kita semua sedang berada di salah satu bulan istimewa bagi umat islam yakni bulan dzul hijjah.

Dimana di bulan ini banyak peristiwa sejarah yang terjadi dimasa lampau namun bisa kita rasakan efek peristiwanya hingga saat ini. Dimana hal tersebut tidak Cuma sebuah kisah sejarah yang hanya untuk di baca tapi merupakan kisah syariat yang akhirnya menjadi medan ijtihad bagi para ulama fiqih. Diantara beberapa kejadian yang layak dicatat antara lain adalah :
1. Qurban
Qurban yang secara bahasa diartikan sebagai upaya pendekatan diri kepada Alloh awalnya adalah sebuah kompetisi antara Qobil dan Habil dihadapan Alloh dimana ada sebuah tendensi didalamnya untuk mendapatkan gadis nan cantik yakni ikrimah binti Adam. Perintah ini terus berlanjut sampai nabiyullaoh Ibrahim AS. Di era Nabi Ibrahim qurban laksanakan sebagai sebuah bentuk tagihan nazar atau janji Ibrahim kepada Alloh . Dimana nabi Ibrahim pernah berucapkan ” jangankan hanya ini (yakni 1000 kambing, 300 sapi dan 30 ekor onta yang aku kurbankan saat ini), andaikata Alloh memberikanku seorang anak laki-laki maka ia juga akan aku kurbankan untuk Alloh.
Selain keteguhan iman seorang Nabi Ibrahim dalam sejarah qurban kita juga akan mendapatkan kesalihan seorang anak yang bernama ismail. Ismail kecil memang telah berlalu tetapi semangat kesalihannya akan terus dikenang anak-anak zaman sekarang. Kita tentu ingat di era nabi ada ali bin abi tholib yang bersedia tidur di ranjang maut nabi. Menggantikan beliau dari kepungan kafir qurais. Ada Muhammad bin idris as syafii yang di usia 8 tahun sudah mampu menghafal al quran. Bahkan ada syarifuddin khalifah dari Nigeria yang mampu menghafal Qur’an pada usia 1,5 tahun. Padahal orangtuanya adalah katolik. Selain itu, bocah dari Tanzania ini berhasil mengislamkan ribuan orang dalam usia 5 tahun.
Ketika bocah ajaib ini berkeliling mendakwahkan Islam. Kemampuan orasinya yang didasari pada hafalan Qur’an, ditambah dengan hafal Alkitab dan paham sejumlah agama dan keyakinan penduduk Afrika membuat mereka takjub. Tidak sedikit kemudian orang yang mendapatkan hidayah melalui dakwah bocah ajaib itu. Ada gadis kecil Rachel choory dari amerika yang di usia 11 tahun berani seorang diri menghadangg tank Israel yang akan menyerang palestina. Akhirnya ia pun gugur terlindas tank Israel. Dan atas keberanianya tersebut namanya diabadikan menjadi nama sebuah kapal bagi aktivis perdamian dunia. Ismail bin Ibrahim memang telah tiada tapi ismail-ismail modern akan terus muncul dalam sejarah kehidupan manusia untuk menegakkan agama Alloh di muka bumi.

2. Haji
Sejarah haji dimulai dari pengerbonan seorang Ibrahim yang mendaopat perintah dari alloh untuk membangun ka’bah. Nabi Ibrahim yang waktu itu ada di palestina pun berjalan dari palestina menuju ke mecca sejauh -+ 2000 KM, atau sejarak 4x jarak ungaran –jakarta. Ibadah haji tidak Cuma hanya sebuah wisata religi tapi merupakan kepasrahan dan totalitas ibadah seorang hamba pada Alloh. Karena selain ibadah disana manusia juga akan menjumpai symbol-simbol keberadaan Alloh di dunia ini. Kita tentu masih ingat bagiamana ketika ambraham 2 x menyerang kabah. Serangan pertama Abraham hanya mengambil 100 onta milik abu tolib. Begitu abdul mutholib  tolib tau onta nya diambil Abraham ia pun mendatangi Abraham dan berkata ‘WAHAI ABRAHAM TOLONG KEMBALIKAN ONTA-ONTA SAYA, KARENA ITU MILIK SAYA , DAN JIKA KAMU MAU MENGAHNCURKAN KABAH HANCURKAN SAJA, SAYA TIDAK PEDULI KARENA ITU BUKAN MILIK SAYA, BIAR PEMILIKNYA SENDIRI YANG MENJAGANYA.
Inilah bentuk keyakinan yang sangat kuat dari abbdul mutolib tentang pemilik kabah, bahwa pemilik kabah pasti tidak akan membiarkan rumahnya di rusak abaraham dan itu terjawab dalam surat al fiil.
Dari paparan Qurban dan haji diatas ada benang merah yang bisa kita kaitkan bahwa baik qurban dan haji sama-sama merupakan ibadah kepada Alloh yang menuntut pengorbanan materi, waktu , tenaga dan jiwa kepada Alloh SWT, sebagai wujud pemahaman agama yang menyeluruh. Kita tentu terusik ketika kota helsinky finlandia di nobatkan sebagai kota terjujur sedunia sementara mereka tidak tahu …………………………………………………… ………………………… , bahwa kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan menuntun kita ke surge. kita juga sangat terkejut ketika kanada terpilih menjadi kota terbersih sedunia padahal mereka tidak memahami konsep ………………………………………………….., bahwa kebersihan itu bagian dari iman. sementara orang-orang islam yang memahami konsep tersebut justru minim sekali pengamalannya. Akhirnya kita berdoa kepada Alloh agar anak cucu generasi kita menjadi ismail-ismail modern yang menjadi penyejuk hati orang tuanya. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s