Kutbah Jumat : 16 mei 14

بِمَا عَمِلَتْ، َأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَالأَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. بَعَثَهُ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيًا إِلَى اللهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ، اتَّقُوا اللهَ أُوصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Oleh : Us Mus

Sidang jumat yang dirahmati Alloh.
Marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT. Taqwa yang sebenarnya akan membawa kita kepada rasa syukur. Syukur oleh nabi Idris AS dalam sepuluh risalahnya diartikan sebagai memberikan sebagaian rizki yang Alloh titipkan kepada orang yang membutuhkan.
Hadirin yang dirahmati alloh. Dalam surat at tiin ayat ke4 alloh berfirman:
Bahwa manusia diciptakan alloh dalam bentuk sebaik-baiknya. Pemahaman ayat ini adalah bahwa setiap apa yang Alloh berikan pada manusia itu adalah yang terbaik buat manusia meskipun secara fungsi terkadang kalah dengan mahluq lain. Alloh memberi kita pendengaran tetapi pendengaran kita kalah dengan pendengaran seekor tikus. Karena tikus mampu mendengarkan bunyi dibawah 200 mhz sementara manusia tidak mampu. Tapi justru inilah yang terbaik karena dengan begitu kita bisa tidur dengan nyeyak. Alloh juga memberi kita penglihatan tapi pengelitan kita kalah dengan seekor burung elang. Karena elang dengan sensor motoriknya mampu melihat pergerakan mangsanya dari jarak 1.5 km. Sementara manusia tidak mampu sejauh itu, bahkan mata kita juga sering lambat menerima cahaya sebesar cahaya matahari. Karena jarak matahari ke bumi adalah 144.000.000 kilometer. sementara kecepatan cahaya adalah 300.000 kM/Perdetik maka sinar matahari mengalami pelambatan dan baru kita terima setelah 8 menit. Dengan kata lain jika kita keluar dari masjid baiturokim ini dan melihat matahari pada jam 12.00 tepat maka hakikatnya matahari sudah bergesar ke posisi jam 12.08 menit. Mungkin ini jugalah salah satu alasan mengapa rosululloh tidak menjadikan matahari sebagai rujukan karena perbedaan waktu yang cukup jauh yakni 8 menit . sementara perbedaan waktu dengan bulan Cuma 1,3 detik sehingga lebih sesuai bagi penetapan awal dan akhir romadhon.

Siding jumat yang berbahagia.
Hal yang paling mendasar yang mampu menjadikan manusia unggul dari makgluq lain adalah manusia dikarunia akal. Dengan akal manusia akan mampu mengenal tuhannya dan berterima kasih kepadanya. Dengan akal manusia dituntut untuk bisa memahami alquran secara lebih baik. Karena alquran ibarat teks terbuka ya bisa dipahami dalam konteks dulu. Konteks kemarin, konteks sekarang maupun konteks yang akan dating. Inilah mengapa imam syafii pernah mengatakan

Bahwa sebuah fatwa itu dimungkinkan berubah karena perbedaan waktu dan tempat. Dan ini beliau buktikan dengan mengeluar dua fatwa berbeda ketika di bagdad beliau mengeluarkan fatwa yang dikenal dengan qoul qodim dan di mesir yang dikenal dengan qoul jaded. Maka tak heran juga jika imam syafii sering berpesan pada murid2 nya bahwa
Carilah oleh kalian hadis2 yang lebih sokih, dan jika kalian menemukan hadis yang lebih sohih maka ikutilah hadis itu dan tinggalkanlah pendapatku karena inilah pendapatku. Sungguh sebuah ajaran toleransi yang sangat luar biasa dari seorang imam as syafii.
Sidang jumat yang dirahmati alloh.
Adalah hal yang sangat bijaksana jika kita mau menggunakan akal kita sesuai pesan sang pemberi. Yakni Alloh SWT .apalagi terkadang Al quran sering berbicara ayat-yat qouniyah yang tentu harus di pahami dengan kecernihan akal. Inilah yang dalam bahasa Agus Mustofa disebut sebagi sahadat. Yakni mencocokn ayat-ayat qouniyah dengan ayat-ayat quraniyah untuk memahami keagungan Alloh. SWT.ketika kita membaca ayat
janganlah kalian mendekati zina karena itu adalah perbuatan keji dan jalan yang tidak baik. mungkin ayat ini baru lebih jelas kita pahami setelah ilmuan menemukan penyakit HIv dan AIDs. ketika Alloh berfirman

bahwa bumi mengeluarkan isinya. dulu mungkin manusia belum punya gambaran yang jelas apa itu isi bumi, tetapi setelah ada gunung meletus yang mengeluarkan , magma, larva dan awan panas dan terjadinya luapan lapindo barulah kita lebih jelas memahami ayat ini, mungkin dulu juga banyak yang memertanyakan bagaimana isro’ mi’roj bisa terjadi, bagaimana mungkin manusia bisa keluar dengan hidup dari planet bumi ini, akan tetapi setelah manusia ada yang sampai ke bulan maka kita semakin yakin akan tehnologi kekuasaan Alloh. jika nil amstrong yang kafir aja bisa samapi ke bulan apalagi rosululloh yang merupakan hamba alloh tercinta. Akhirnya Semoga Alloh menjadikan kita hamba nya yang mampu mengunakan kelebihan akal ini untuk mencapai ketaqwaan yang setinggi-tingginya.

 

 
لحمدُ لله حمدًا كثيرًا كما أمر. أشهد أنْ لا إله إلا اللهُ وحدَه لا شريكَ له. وأشهدُ أنّ سيدَنا محمدًا عبدُه ورسولُه. اللهمّ صلِّ وسلِّم على سيدِنا محمدٍ وعلى ءاله وأصحابه أجمعين.
أما بعد، فيا عبادَ الله ! اتقوا اللهَ مِنْ سِمَاعِ اللغوِ وفضول الخَبَر وانْتهُوا عمَّا نهاكم عنه وزَجَر. واتقوا الله إن الله خبيرٌ بما تعملون.
وقال تعالى : إن الله وملائكته يصَلون على النبي، يأيها الذين ءامنوا صلوا عليه وسلموا تسليماً. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى ءاله وأصحابه أجمعين. وَارْضَ اللهم عن الخلفاء الراشدين وعن بقية الصحابة والقرابة والتابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات، اللهم إنا نسئلك أن تؤيِّد الإسلامَ والمسلمين وأن تُعْلِى بفضلك كلمة الحق والدين. اللهم اهدنا سبلَ السلام وأخرجنا من الظلمات إلى النور وجنبنا الفواحشَ ما ظهر منها وما بطن.
اللهم أنت الله لا إله إلا الله ، أنت الغني ونحن الفقراء واجعل ما أنزلتَ علينا قوةً وبلاغًا إلى حين . اللهم اسقِنا غَيْثًا مُغيثًا مَريعًا نافِعًا غير ضارٍّ عاجلًا غيرَ آجِلٍ . اللهم اسْقِ عبادَك وبهائِمَك وانشُرْ رحمتَك واحْيِ بلدَكَ الميِّت . آمين يا رب العالمين .
عبادَ الله ، إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي، يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم، واشكروه على نعمه يزدكم واسئلوه من فضله يعطكم، ولذكر الله أكبر ,اللهُ يعلم ما تصنعون.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s