Kutbah jumat menyambut Romadhon

Kutbah jumat menyambut Romadhon

Oleh : Muslimin Salik Malaya
Sidang jumah yang dirahmati Alloh.
Putaran waktu membawa kita dipenghujung bulan sya’ban dan menatap awal romadhon. maka marilah kita kembali meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT.khususnya dalam memaknai bulan romadhon yang segera tiba. romadhon ibarat seorang bayi yang kelahirannya selalu dinanti. walau terkadang ada silang pendapat tentang kapan romadhon diawali dan di akhiri. karena pendekatan

methodical yang dipakai. ibarat bayi, ada orang tua yang sudah memberi nama sebelum bayi lahir. inilah gambaran ilmu hisab. ada juga orang tua yang memberi nama setelah benar-benar bayi terlihat. imkanu ruyah liwujudil hilal. inilah gambaran ru’yah.
sidang jumah yang dirahmati Alloh.
Romadhon merupakan bulan mulia yang harus kita sambut dengan rasa suka cita. Perintah untuk menyambut bulan ini dengan penuh rasa kegembiraan termaktub dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Artinya: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka hendaklah engkau mengucapkan selamat datang kepadanya. Telah datang bulan puasa dengan segenap berkah di dalamnya maka hendaklah engkau memuliakannya.”
lalu bagaimana cara kita memuliakan bulan suci romadhon ? tentunya kita harus memahami ibadah-ibadah yang yang bernilai lebih untuk selanjutnya kita laksanakan guna mengisi bulan suci romadhon dengan rangkaian ibadah syariah. dimana puasa adalah yang terawal dari rangkaian ibadah tersebut. At-Thabari dalam tafsirnya, Jami` al-Bayan, menyebutkan bahwa seluruh pemeluk agama samawi (ahl kitab) diwajibkan oleh Allah untuk melaksanakan puasa. Sebagian ulama salaf berkata, “Puasa yang paling ringan adalah menahan makan dan minum.” sementara Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ
“Barangsiapa yang belum dapat meninggalkan sumpah palsu dan per buatan dusta, maka Allah tidak butuh dia meninggalkan makan dan minumnya.”
memaknai hadis diatas, imam Jabir berkata, “Jika Anda berpuasa, maka pendengaran, penglihatan serta lisanmu hendaklah berpuasa pula dari berkata dusta dan segala perbuatan yang haram. Janganlah Anda sakiti tetangga, dan hendaknya bisa bersikap tenang dan santun di hari puasa, dan jangan sampai hari puasamu dan hari lainnya sama saja.
tidak hanya secara syariat saja puasa itu baik akan tetapi dalam dunia kesehatan dan medis puasa juga sangat bermanfaat. bahkan seorang pasien disuruh untuk puasa dewasa 6 – 8 jam, bayi/anak 3-5 jam. untuk apa ? tentu agar terjadi pengosongan lambung sehingga tidak terjadi aspirasi isi lambung karena regurgitasi dan muntah. Kalau kita tidak puasa dan diwaktu dibius atau dioperasi, kemudian terjadi muntah, sedangkan reflek menelan dan meludah tidak ada karena kita sedang dibius, maka bahaya mengancam kita. Cairan lambung ditambah dengan makanan bisa masuk ke paru – paru dan menghancurkan fungsi paru . naudzu bilahi min dzalik. bahkan Dulu Pangeran Diponegoro pun, menghentikan konfrontasi untuk sementara dengan bangsa penjajah Belanda ketika bulan Ramadhan tiba. Pangeran Diponegoro mengirim surat kepada musuh-musuhnya, menawarkan gencatan senjata selama bulan Ramadhan.
yang kedua adalah memperbanyak membaca al quran. imam Ibnu Abdul Hakam pernah menceritakan aktifitas imam malik di bulan romadhon, “Dulu ketika Ramadhan tiba, Imam Malik menggantikan majelis ilmu bersama para ulama dan pembacan hadits dengan membaca Al-Qur’an atau mushaf.” bahkan Imam Syafi’i Rahimahullah, menghatam al-Qur’an sebanyak 60 (enam puluh) kali tiap-tiap bulan Ramadhan.
yang ketiga adalah memperbanyak istigfar dalam kutbah menjelang romadhonnya rosululloh mengungkapkan. wahai manusia ! sesungguhnya diri kalian tergadai krn amal-amal kalian, maka bebaskanlah dgn istighfar. punggung-punggungmu berat karena beban dosa-mu. maka ringanknlah dgn memperpanjang sujudmu. ketahuilah, alloh berjanji dgn segala kebesaran-nya, bahwa dia tdk akan meng-azab orang-orang yg sholat dan sujud dan tdk akan mengancam mereka dgn neraka pada hari manusia berdiri di hadapan robbul alamin.
barangsiapa diantaramu memberi (makanan untuk) berbuka kpd orang-orang mukmin yg melaksanakan shaum pada bulan ini, maka disisi alloh nilai sama dgn membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosa yg lalu. para sahabat bertanya ya rasululloh tidaklah kami semua mampu berbuat demikian. rasululloh menjawab jagalah diri kalian dari api neraka walaupun hanya sebiji kurma. jagalah diri kalian walaupun hanya dgn seteguk air
sidang jumah yang dirahmati Alloh
yang keempat adalah masalah akhlaq. betapa banyak perbuatan yang dinilai kecil di bulan romadhon namun memiliki nilai luar biasa disisi alloh. termasuk dalam hal aklaq. sabda nabi barangsiapa membaguskan akhlaknya pada bulan ini, dia akan berhasil melewati shirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. barangsiapa meringankan pekerjaan orang-orang yg dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) pada bulan ini, alloh akan meringankan pemeriksaan-nya pada hari kiamat.
barangsiapa menyambung tali persaudaraan pada bulan ini, alloh akan menghubungkan dia dgn rahmat-nya pada hari dia berjumpa dengan-nya. barangsiapa memutuskan kekeluargaan pada bulan ini, alloh akan memutuskan rahmatnya pada hari dia berjumpa dgn-nya.
dan yang tak kalah penting dari semua itu adalah kita wajib menjaga solat wajib kita. barangsiapa melakukan sholat sunnah, alloh akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. barangsiapa melakukan sholat fardhu, baginya ganjaran seperti melakukan 70 sholat fardhu pada bulan yg lain. demikian sabda nabi dalam hadisnya.
hadirin yang dimulyakan Alloh . demikian kutbah jumah siang hari ini. tentunya banyak amalan yang tidak bisa kita paparkan dalam kutbah singkat ini. semoga ada nilai manfaatnya bagi kita semua. .
بسم الله الرّحمن الرّحيم يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى أالله من الشيطان الرّجيم. عوذب الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s