Menjaga anak dari Gangguan Setan/Jin

Oleh : Abe Haedar

Hadirin yang di rahmatiAlloh.
Marilah kita tingkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT.Taqwa yang sebenarnya aka nmenjadi benteng dan perisa iumat manusia dari godaan dan gangguan setan dan sekutunya.
Sidang jumat yang di rahmat iAlloh
Upaya setan untuk mengoda dan menjerumuskan manusia kedalam kehinaan dan kehancuran tak kan pernah berakhir sampai mereka memperoleh apa yang mereka inginkan. Mereka melakukan itu karena sudah mendapat ijin dari Alloh sebagai imbal balas bahwa kelak jin setan dan sekutunya akan menerima siksa yang teramat pedih di neraka. Godaan setan terhadap manusia dimulai ketika manusia lahir.Dimana ketika ada bayi yang lahir kedunia setan akan langsung menusuk lambungnya sehingga sang bayi pun menjadi menangis akibat tusukan tersebut.

Dalam dunia kesehatan mungkin bayi lahir dalam kondisi menangis adalah hal normal sebaga itanda bahwa sang bayi lahir dengan kondisi sehat. Akan tetapi penjelasan rosululloh harus kita perhatikan .nabi bersabda yang di riwayatkan abu huroiroh menyatakan bahwa
كل بنيادم يطعن الشيطان في جنبيه باءصبعه حين يولد غير عيس ابن مريم
Artinya Setiap manusia ditusuk oleh setan pada lambungnya dengan jarinya saat dilahirkan kecual iisa bin Maryam.dalam hadis lain
صياح المولود حين يقع نزغة من الشيطان
artinya bahwa teriakan bayi yang dilahirkan adalah saat terkena gangguan tusukan dari setan.
Imam Nawawi dalam kitab syarah muslim menjelaskan bahwa Iyadh al qodhi berpendapat bahwa hanya para nabisaja yang terjaga kelahiran dar itusukan setan seperti isa as .dan untuk menghilangkan blenggu akibat tusukan tersebut rosul mengajarkan agar sang bayi segeradi akikahi agar sang bayi menjadi terbebas dan tidak lagi tergadai oleh blenggu-blenggu setan. Inilah pendapat mayoritas ulama dalam memahami hadis كل مو لود مر تهن بعقيقته bahwa setiap bayi tergada idengan akikahnya.
Siding jumat yang dirahmati Alloh
Ketika sang bayi beranjak besar setan dan sekutunya pun terus berupaya menggangu mereka. Terutama disaat waktu menjelang malam. Nabi mengingatkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan bersama antara imam bukhori, muslim, an nasai dan Ibnumajah “jika malam semakin gelap atau kalian masuk waktu petang, maka tahanlah anak-anak kalian. Sebab setan-setan pada saa titu menyebar.Jika satu bagian dari malam berlalu maka masukkanlah mereka kedalam rumah dan tutuplah pintu kalian serta sebutlah asma Alloh.“.
Dari penjelasan hadis tadi maka selaku orang tua sebaiknya kita tidak membiar anak-anak kita diluar rumah dimalam tanpa pengawasan dan tujuan yang baik dan positif.Ketika didalam rumah nabi juga mengajarkan agar kita mengatisipasi godaan-godaan mereka.Salah satunya adalah kita harus mempunya bak mandi didalam rumah.Mungkin bagi sebagian orang bak mandi adalah hal yang biasa. Tetapi penjelasan rosululloh ternyata bak mandi punya nilai positif yang luar biasa.Sabda nabi yang diriwayatkan ibnu Abbas mengatakan “buatlah tempat-tempat pengambilan air dikamar mandi dalam rumah kalian, sebab itu melalaikan jin dari anak-anak kalian.
Disamping membuat bak mandi nabi juga memerintahkan kepada kita agar tidak menyediakan tempat tidur tanpa di tempati .sabda Nabi
ف راش للرجل و فراش لاءمرأته والثالث للضيف والرابع للشيطان

artinya satu karpet untuk seseorang dan satu karpetuntuk istrinya, ketiga untuk tamu dan yang keempat untuk setan. HR Muslim Hadis 141.
Ketika kondisi sadar setan kesulitan mengoda kita dan keluarga kita ia masih berupaya menggoda ketika kita tertidur lewat mimpi-mimpiseram yang menjadikan kita takut dan was-was. Maka berdoa sebelum tidar adalah hal penting yang harus kita lakukan.Dalam hadis yang diriwayatkan ibnu majah nabi mengatakan
ان الرؤيا ثلاث : منها أهاويل من اليشطان ليحزن بها ابن ادم ومنها ما يهم به الرجل في يقظته فيراه في منامه ومنها جزء من ستة واربعين جزءا من النبوة
Mimpiitu ada tiga :mimpi berupa keseraman setan. Hendaknya anak adam sedih terhadapnya, mimpi yang secara umum dialami seseorang ketika terjaga lantas ia mengalami dalam tidurnya dan mimpi yang merupakan bagaian dari 46 bagian dari kenabian. Dalam konteks jawa di istilah kan dengan nini yoni( arru’yah as sodiqoh), gondoyoni ( mimpi akibat gangguan setan ) dan puspatajem ( bunga tidur).
Dan kewaspadaan terakhir dari gangguan setan adalah ketika matahari terbit maupun tenggelam. Dalam hadis riwayat imam malik, imam ahmad , imam ibnu majah dan Imam al baihaqi nabi menjelaskan “sesungguhnya matahari terbit disertai tanduk setan, jika matahari semakin tinggi, maka ia meninggalkannya. Kemudian jika matahari sejajar maka ia menyertainya. Jika ia telah condong maka ia meninggalkannya. Jika matahari menyingsing menjelang terbenam ia menyertainya. Jika matahari terbenam ia meninggalkannya. Janganlah kalian mengerjakan solat pada tiga waktu itu.
Hadirin yang dirahmatialloh.
Inilah salah satu alasan kenapa setelah subuh dan setelah solat asar kita tidak diperkenankan melakukan solat. Karena di waktu–waktu itu setan sedang membidik mangsa dari matahari.Bahkan ketika solat dimana solat adalah posisi terdekat kita kepada Alloh setan masih berupaya menggangu kita .sampai-sampai nabi mengingatkan
راصو صفوفكم وقاربوابينها وحاذوا بالأءعناق فوالذي نفس محمد بيده اني لأرى الشياطين تدخل من خلل الصف كأنها الحدف
Rapatkanlah barisan kalian dan dekatkan diantaranya, lalu sejajarkan dengan tengkuk-tengkuk kalian , demi Alloh yang jiwa Muhammad ditanganNya sesungguhnya aku melihat setan-setan masuk dari sela-sela barisan seakan-akan seperti hadzaf ( kambing-kambing kecil hitam hijaz)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s