Khutbah Jumat: Dajjal

Bahaya Dajjal

الحمد لله الذى بذكره تطمئن القلوب وبفضله تغفر الذنوب اشهد ان لا اله الله وحده لا شريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله
اللهم صل وسلم علي سيد نا محمد وعلي اله وصحبه وسلم فيا عبادالله او صيكم ونفسي بتقوالله فقد فاز المتقون
Sidang jumat yang di rahmati Alloh.
Marilah kita meningkatkan ketqwaan kepada Alloh seraya berharap terus akan hidayahNya. Dalam hadis muslim No 588 rosul mengajarkan pada kita agar kita memohon perlindungan kepada Alloh dalam solat kita setelah membaca tasyahud akhir tentang 4 fitnah yaitu
اللهم انى اعوذبك من عذاب القبر وعذاب النار واعوذبك من فتنة المحياوالممات ومن فتنة المسيح الدجال


Ya Alloh kami berlindung kepada Mu dari siksa kubur, siksa api neraka, fitnah hidup dan mati serta fitnah al masih dajjal. Doa yang terkahir yakni kita minta perlindungan kepada Alloh dari al masih Dajjal perlu kita cermati. Siapa dajjal itu dan mengapa kita minta perlindungan darinya. Menurut syech isa Daud Dajjal lahir 100 Tahun sebelum kelahiran nabi Musa As. Ia lahir dengan nama musa samiri. Sedangkan kata musa dalam bahasa mesir berarti terapung. Karena memang ia sempat dibawa air bah ketika tsunami melanda negerinya yakni samirah palestina. Jadi ada dua nama yang sama yakni musa bin imron sebagai nabi dan musa samiri sang dajjal. Dajjal adalah keturunan samiri sang penyembah sapi di zaman nabi musa. Ia mengalami cacat fisik akibat pernikahan sedarah yang dilakukan orang tuanya.
Hadirin yang dimulyakan Alloh
Menurut imam qurtubi dalam kitabnya at Tadkiroh lafad dajjal dipakai untuk 10 makna yang antara lain kadzab –tukang dusta , muwawih yang bearti sang penipu manusia. Nabi bersabda * Wahai manusia sesungguhnya tidak ada mahkluq dimuka bumi ini sejak Alloh menciptakan adam sampai hari kiamat yang fitnahnya lebih besar dari pada dajjal ( HR Muslim 2946).
Begitu dasyat fitnah yang ditumbulkan dajjal sehingga nabi mengatakan bahwa setiap nabi pasti mengingatkan umatnya akan bahya dajjal. Menurut imam tirmidzi bahwa dajjal akan muncul dari kurasan iran. Nabi bersabda * dajjal akan keluar dari muka bumi ini dibagian timur yang bernama khurazan ( HR Turmudi). Dalam hadis lain nabi bersabda * Pasukan yang membawa bendera hitam akan muncul dari khurasan. Tidak ada kekuatan yang mampu menahan mereka sampai akhirnya mencapai yerussalem , ditempat itulah mereka akan mengibarkan bendera (HR Tirmidzi). Sementara imam muslim meriwayatkan bahwa dajjal akan diikuti oleh 70.000 orang yahudi dari Isfahan- iran yang mengenakan jubah Persia. Dan mereka akan muncul dari sebuah sungai antara syam dan Iraq.
Siding jumat yang dirahmati Alloh
Tidak ada seorangpun yang tahu kapan dajjal akan muncul karena kemunculannya terkait dengan kedatangan kiamat. Akan tetapi Ada beberapa tanda yang diisyaratkan oleh rosululloh terkait kemunculan dajjal. Diantaranya adalah Pertama Kaum muslimin menguasai konstantinopel (turki), apa yang disabdakan nabi ini benar-benar telah terjadi bahwa pada abad ke 9 dibawah raja Muhammad al fatih kota konstantinopel akhirnya dapat dikuasai orang islam. Tanda yang Kedua munculnya dajjal adalah mengeringnya sungai tiberias. Sungai Tiberias secara geografis membentang antara Suriah –palestina. Akan tetapi secara politik dikuasai oleh zionis Israel. Dan pada saat ini sungai tersebut sudah mengalami penyusutan air sedalam 16 Meter. Sedangkan tanda yang ketiga dari akan segera keluarnya Dajjal adalah sedikitnya jumlah orang arab. Saat ini jumlah penduduk arab sekitar 25.7 Juta. Jumlah ini tentu tidak sebanding dengan jumlah penduduk non muslim di Negara eropa maupun barat .

Sidang jumat yang dirahmati Alloh
Banyak factor yang bisa menjelaskan tentang jumlah minoritas bangsa arab khususnya dan umumnya umat islam. Nabi pernah mengisyaratkan bahwa انتم يومئذ اكثرولكن اكثرك غثاء كغثاءالسير Ketahuilah bahwa suatu saat nanti kamu akan menjadi banyak. Akan tetapi jumlah yang banyak itu seperti busa d lautan. busa dilautan adalah benda yang mudah terpecah akibat hempasan ombak. Inilah yang terjadi dalam islam saat ini. Bahwa orang islam sebenarnya banyak yakni 1.6 milyar atau 23.4% dari penduduk dunia tetapi menjadi sedikit karena perpecahan dan peperangan. Perpecahan dan peperangan ini timbul karena beberapa hal. factor yang berperan antara lain adalah scenario global tentang pelemahan umat islam. teori adu domba adalah kisah klasik yang terus dipakai. agar sesama kita saling membunuh. Atau dalam teori politik disebut dengan membanting lawan dengan tenaga mereka sendiri. Di India Inggris pernah mengangkat Mirza Ghulam ahmad sebagai Nabi untuk memecah belah umat islam disana. Barat membentuk al qaeda di timur tengah.. Begitupun eksisnya ISIS saat ini yang merupakan semapalan dari al qaeda juga diindikasikan termasuk dalam scenario global tersebut.
Sementara factor kedua perpecahan dan peperangan umat ini adalah karena paham takfiri, paham takfiri adalah mengkafirkan orang yang tidak sealiran dengannya. Paham takfiri sudah muncul sejak zaman kholifah ali bin abi tholib. Dan hingga saat ini masih banyak orang islam yang berpikir bahwa orang lain diluar kelompoknya adalah kafir. Sungguh di sayangkan kalau hal ini terus terjadi. Sementara sebab yang ketiga adalah al fahmu alal jihad yang keliru. Banyak saudara kita yang ingin berjihad tetapi memahami jihad dengan bentuk radikalisme yang akhirnya mereka justru dicap sebagai terorisme. Yang pada akhirnya mereka harus berhadapan dengan hukum Negara.
Sidang jumat yang dirahmati Alloh
Sesuia penjelesan rosululloh bahwa Di dunia dajjal hanya hidup selama 40 hari. Dimana ia akan tinggal didaerah yang disebut sebagai gunung garam. Gunung garam terletak di sebelah timur istana putih atau rumah ahmad. Saat ini daerah yang bernama gunung garam itu dibangun istana oleh kerajaan tetapi penduduk setempat menyebutnya sebagai bukit dajjal. Sedangkan istana putih adalah istilah dajjal untuk menyebut masjid nabawi karena ketika dilihat dari bukit dajjal maka masjid nabawi terlihat seperti istana putih. Dan pada akhirnya dajjal akan dibunuh oleh nabi isa di gerbang ludd yakni 13 kilometer dari tel aviv Israel. Demikian kutbah singkat ini semoga ada manfaatnya. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s