Kutbah Jumat : Lailatul qadar

Sidang jumat yang dimulyakan Alloh.
Marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT. Dimana taqwa merupakan salah satu tujuan puasa yang hari ini masih kita lakukan. Taqwa merupakan buah dari iman dan islam. Inilah yang bisa kita pahami dari surat al baqoroh 183 yakni
               bahwa taqwa terbentuk dari ya ayuhal ladzina amanu. Yang berarti iman. As siyam yang berarti islam dan baru tqwa.
Hari –hari ini kita memasuki hari yang disebut asrul awakhir. Dimana salah satu target yang ingin dicapai adalah mendapatkan lailatul qadar.
Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan, dari Aisyah rah., ia berkata:
كَانَ رَسُوْلُ الله إِذَا دَخَلَ العَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ هذا لفظ البخاري“Bila masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah saw. mengencangkan kainnya (menjauhkan diri dari menggauli isterinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam Shahihain disebutkan, dari Aisyah rah. :
أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ الله
“Bahwasanya Nabi saw. senantiasa beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari Ramadhan, sampai Allah mewafatkan beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Sidang jumat yang dimulyakan Alloh.
Secara pribadi khotib yakin bahwa rosululloh pasti mengetahui kepastian turunnya lailatul qadar. Karena dimalam itu semua malaikat turun dan ketika malaikat turun pasti mereka memberi salam ke rosululloh. Hanya nabi tidak ingin kita hanya serius beribadah disatu malam saja sehingga beliau tidak menyebutkan kepastian malam lailatul qadar. Meskipun demikian imam ghozali membuat rumusan dimana jika puasa dimulai hari kamis maka lalilatul qadar insya a turun pada malam ke 25 atau sabtu malam minggu. Syech abu hasan assyadzili berkata “ aku mendapat lailatul qadar sejak usia muda karena memakai rumusan ini. “.dan rumusan ini juga diamini oleh ulama syafiiyah yang antara laian syech Sulaiman Al Kurdi Syaikh Ibrahim al Bajuri , as Sayyid al Bakri , Syaikh Muhammad bin Ismail Daud al-Fathoni.dan lainnya.
Lailatul qadar sebenarnya memiliki beberapa makna yakni.
Menurut Quraish Shihab, kata Qadar (قﺩﺭ) sesuai dengan penggunaannya dalam ayat-ayat Al Qur’an dapat memiliki tiga arti yakni

1. Penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 :
           •  
sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami
jadi dimalam lailatul qadar takdir perjalanan hidup kita akan di tentukan oleh Alloh sehingga jika kita bisa mendapatkannya maka insya Alloh kehidupan kita setelah romadhon akan semakin baik. Terutama bertambahnya umur kita. Usia kita memang sudah pasti tetapi umurlah yang bisa berubah. Karena umur terkait kesjahteraan jiwa setelah menerima hidayah. Jadi bisa jadi usia seseorang 50 tahun tetapi umurnya baru 10 tahun. Maka tak heran jika Alloh memakai kata
    
Ma adrakama dalam bahasa al quran merupakan sebuah kata dimana manusia tak mungkin melakukannya dalam kondisi normal. Usia 83 tahun mungkin manusia ada yang melebihinya akan tetapi umur 83 tahun atau setara 30.000 hari dalam ketaatan jelas hal yang hampir mustahil dilakukan
2. Kemuliaan. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran. Penggunaan Qadar yang merujuk pada kemuliaan dapat dijumpai pada surat Al-An’am (6): 91 yang berbicara tentang kaum musyrik: Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat
3. Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra’d ayat 26: Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit (bagi yang dikehendaki-Nya)
Lalu apa tandanya jika lailatul qadar turun dimalam itu
1. Pada hari itu matahari bersinar tidak terlalu panas dengan cuaca sangat sejuk, sebagaimana hadits riwayat Imam Muslim.
2. Pada malam harinya langit nampak bersih, tidak nampak awan sedikit pun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad.Dalam kitab Mu’jam at- Thabari al-Kabir disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”
3. Matahari cerah tapi tidak panas
Tanda lain datangnya Lailatul Qadr adalah sinar matahari yang bersinar cerah namun lemah, tidak panas, pada keesokan harinya. Ubay bin Ka’ab mengisahkan Nabi pernah bersabda: “Keesokan hari malam Lailatul Qadr matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”
4. Bulan terlihat separuh
Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad tentang Lailatul Qadr. Dan Rasulullah bersabda: “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”
5. Hari ganjil
Dan tanda lain dari Lailatul Qadr adalah datang pada hari ganjil pada sepertiga terakhir bulan Ramadan. Sebuah hadis dari Aisyah menyebutkan: “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” ” (HR: Bukhari dan Mus
Demikian sedikit kutbah siang hari ini kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s