Kutbah jumat : pesan as sinqithi

as syeikh as sinqithi tentang konsep kebahagian
1. ياولدي ـــ راجع القراءن لاتنسه ـــــ امامك حفل تكريم كما قال النبي اقراء وارتق ورتل wahai anakku kembalilah ke al quran jangan engkau melupaknnya. Karena besok aka nada perlombaan yang berbeda dengan lomba-lomba didunia. Dan pemenangnya adalah sebaik-baik manusia seperti sabda nabi. Bacalah, naiklah dan tartilkanlah. Ini berarti salah satu kunci kebahagiyaan adalah dengan kita sering kembali ke al quran. Baik membacanya lebih lebih mengamalkan isinya. Kita berupaya menjadi al quran sebagai pijakan hidup yang seutuhnya. Agar kehidupan kita selalu dibahagiakan oleh alquran.


2. كل شئ ينقص اذا قسمته علي اثنين الاالسعادة
Bahwa setiap sesuatu itu pasti berkurang kalau di bagi kecuali kebahagiaan. Justru ia akan bertambah . maka Alloh mengingatkan
•    
dan terhadap nikmat Tuhanmu, Maka hendaklah kamu siarkan. Ini mengandung arti bahwa ketika mendapat nikmat/kebahagiyaan seyogyanya kita berbagi. Apalagi dlam konteks hari yakni tanggal 10 muharam kita dianjurkan menunjukkan empati sesame utama pada si yatim. Dari data dari yayasan yatim mandiri bahwa jumlah yatim saat ini mencapai 3.2 juta. Ini adalah data yang masuk pada yayasan tersebut. Dimana kebanyakan yang terdata adalah mereka yang ada diperkotaan, sementara yang di desa atau pinggiran kota seperti gedanganak ini tentu tidak mereka data.maka kalau kita data secara menyeluruh pastilah jumlahnya melebihi 3.2 jt. Andai tidak ada kepedulian dari masyarakat tentu harapan bahagia mereka dimasa yang akan dating , akan jauh dari angan-angan .

3. جالس العلماء بعقلك وجالس الأمراء بعلمك Syeikh as sinqithi mengingatkan bahwa ketika kita dekat dengan para ulama tujuaan utamanya adalah demi mengisi akal atau menambah keilmuan kita. Bukan hanya berbangga diri bahwa kita kenal ulama A dan B tanpa belajar sedikitpun dari mereka. jangan sampai kita bergaul dg mereka tanpa tujuan yang tak pasti. Dan ketika kita ingin bersanding dg pemerintahan atau masuk dalam jejaring kekuasaan maka kita harus menguasai bekal keilmuan yang cukup. Sehingga kita bisa punya peran yang maksimal disana . dan bukan hanya menjadi pelengkap atau alat politik saja.
4. وجالس السفهاء بحلمك dan bergaulah dengan orang-orang yang berpengetahuan sedikit dengan bahasa yang halus nan bijaksana. Agar mereka tidak salah memahami maksud dan tujuan kita.
5. لا تحزن في طيبتك jangan bersedih dalam kebaikan , karena andai makluq dibumi tidak menghargai kita maka yakinlah yang dilangit pasti menghargainya. Ini tentu juga sesuai dengan firman Alloh bahwa barang siapa beramal sekecil zarroh pasti Alloh membalasnya.
6. حياتنا كالورود فيها من الجمال مايسعدنا وفيها من الشوك ما يؤلمنا kehidupan itu seperti bunga mawar satu sisi menampilkan keindahan tapi sisi lain mengandung duri yang menyakitkan. Tidak ada manusia yang hidup selalu dalam kondisi bahagia . pun tidak ada manusia yang hidup hanya ditimpa nestapa. Hidup itu ibarat dua sisi mata uang yang saling berbeda satu sama lainya. Tawa-dan tangis sering berjalan beriringan. duka dan lara dating silih berganti. Hanya manusia yang bersyukur dan tawakal lah yang akan selalu merasa bahagia. Kita harus berusaha untuk meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa dibalik musibah ada nikmat yang disediakan. Semakin tinggi derjat manusia disisi Alloh semakin tinggi pula cobaan yang diberikan. Semoga Alloh menjadikan kita termasuk manusia yang bersyukur dan tawakal dalam setiap cobaan hidup yang diberikan. Amin.
                •  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s